Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dengan Menggunakan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energikelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru

Indar Wati, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dengan Menggunakan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energikelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Indar Wati, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples dengan Menggunakan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energikelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran examples non examples di kelas IV sekolah dasar negeri 37 pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 30 orang siswa kelas IV sekolah dasar negeri 37 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalahmodel pembelajaran examples non examples dengan menggunakan media powerpoint. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian analisis data bahwa model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi sebelum tindakan rata-rata hasil belajar hanya mencapai 66.66atau berada pada kategori cukup. Setelah dilakukan hasl belajar pada siklus 1 meningkat rata-rata hasil belajar menjadi 73.33 dengan kategori cukupdan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 81,33 dengan kategori sangat baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran examples non examples dengan menggunakan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema selalu berhemat energi kelas IV sekolah dasar negeri 37 pekanbaru. Kata kunci : Hasil belajar, Examples Non Examples, tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:34
Last Modified: 12 Aug 2020 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29300

Actions (login required)

View Item View Item