Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PEKANBARU DALAM MENGELOLA INFORMASI PASAR BAWAH SEBAGAI DESTINASI WISATA BELANJA TRADISIONAL

Iqbal Mahbub Almukarrom, - (2020) MANAJEMEN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PEKANBARU DALAM MENGELOLA INFORMASI PASAR BAWAH SEBAGAI DESTINASI WISATA BELANJA TRADISIONAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI IQBAL MAHBUB ALMUKARROM.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Iqbal Mahbub Almukarrom NIM : 11643101884 Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul Skripsi : Manajemen Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru dalam Mengelola Informasi Pasar Bawah Sebagai Destinasi Wisata Belanja Tradisional. Kota Pekanbaru sebagai ibu Kota dari Provinsi Riau merupakan salah satu kota berkembang terutama dalam jasa serta perdagangan, ini merupakan salah satu alasan tingginya angka wisatawan yang berkunjung ke kota Pekanbaru setiap tahunnya, salah satu yang sangat terkenal adalah Destinasi Wisata Belanja Tradisional Pasar Bawah. Pasar Bawah merupakan destinasi wisata belanja tradisional tertua di Pekanbaru, tak lengkap rasanya ke Pekanbaru jika tidak mengunjungi Pasar Bawah ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian hasil tersebut dianlisis secara deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru. Penelitian Menggunakan teori Manajeman Terry George R yaitu POAC, yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controling (Pengevaluasian). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, perencanaan yang disusun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru seperti pemanfaatan penyiaran informasi mengenai Pasar Bawah di media cetak, memanfaatkan penggunaan media sosial bersama duta wisata pekanbaru, ikut serta dalam agenda tahunan yang berhubungan dengan kepariwisataan dan menyebarkan standing banner di tempat-tempat keramaian seperti Bandara dan Mol. Kemudian pengorganisasian manajemannya adalah membentuk tim atau menunjuk karyawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru dalam pelaksanaan perencanaan sebelumnya dan pada Pelaksanaannya adalah Penyiaran informasi di media cetak pemanfaatan media sosial bersama Duta wisata Pekanbaru dan tahapan terakhir adalah pengevaluasian kinerja dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru. maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidak tersedianya anggaran khusus dalam pengelolaan informasi objek wisata pasar Bawah sehingga masih ada wisatawan yang belum mengetahuinya yang juga berdampak terhadap kurangnya sumber daya manusia pengelola objek wisata Pasar Bawah serta kurangnya koordinasi terhadap pengelola objek wisata Pasar Bawah. Kata Kunci : Manajeman, Pengelolaan, Objek Wisata Pasar Bawah Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:42
Last Modified: 14 Aug 2020 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29286

Actions (login required)

View Item View Item