Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR AN NAMIROH 3 PEKANBARU

Niki Handayani, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR AN NAMIROH 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Niki Handayani, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV Sekolah Dasar An Namiroh 3 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing di kelas IV Sekolah Dasar An Namiroh 3 Pekanbaru. Keterampilan berbicara merupakan salah satu kemampuan peserta didik dalam mengemukakan ide, gagasan, dan perasaan yang ada dalam diri mereka melalui kata-kata. Berbicara juga termasuk kedalam salah satu aspek keterampilan berbahasa dan juga termasuk kedalam salah satu literasi dan sangat erat kaitannya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 32 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa hanya 55% atau berada pada kriteria kurang. Kemudian setelah model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama rata-ratanya naik menjadi 62%, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 71%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga keterampilan berbicara siswa juga meningkat menjadi 77% dan pada pertemuan keempat rata-ratanya mencapai 84% atau berada pada kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV Sekolah Dasar An Namiroh 3 Pekanbaru. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing. vii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:05
Last Modified: 12 Aug 2020 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29249

Actions (login required)

View Item View Item