Syarifah Mutiara Umami, - (2020) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PAKAIAN JADI DI PASAR TRADISIONAL CIK PUAN KOTA PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
Abstract
ABSTRAK Syarifah Mutiara U. (2020) : Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi di Pasar Tradisional Cik Puan Kota Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang beralamat di Jalan Tuanku Tambusai, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah karena kurangnya promosi dalam strategi pemasaran pakaian jadi yang dilakukan oleh pedagang pakaian jadi di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala diantaranya: Keterbatasan pengetahuan untuk mengelola bisnisnya secara lebih professional, kurangnya inovasi produk yang dipasarkan, persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pakaian jadi yang dilakukan oleh pedagang pakaian jadi di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru dan mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran pedagang pakaian jadi di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini manggunakan rumus slovin yang hasilnya berjumlah 10 orang sampel. Latar belakang penelitian ini adalah dalam melakukan transaksi jual beli, pedagang harus memperhatikan banyak aspek untuk mencapai keuntungan bisnis. Salah satu aspek tersebut adalah pemasaran, pedagang dituntut untuk selalu menghasilkan profit dan mencapai tujuan usaha yang diinginkan. Seperti yang kita ketahui kesuksesan usaha terutama sekali ditentukan oleh prestasi dibidang penjualan. Karna pemasaran khususnya penjualan merupakan fungsi bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen. Dari observasi yang penulis lakukan di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru pedagang telah menerapkan konsep strategi pemasaran seperti produk, harga, tempat, promosi. Terbukti dengan lokasi yang strategis, harga yang terjangkau, produk yang berkualitas, serta adanya promosi. Sehingga peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang strategi pemasaran pakaian jadi di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah para pedagang yang ada di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek yaitu strategi pemasaran pakaian jadi di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru ditinjau menurut ekonomi syariah. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya bersifat Deskriptif Analisis dimana data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian diberikan penjelasan dan kesimpulan dari setiap tabel. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang diperoleh dari para pedagang pakaian jadi di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru ditinjau menurut ekonomi syariah adalah Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi Di Pasar Tradisional Cik Puan Kota Pekanbaru dari segi produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang sesuai standar dan permintaan masyarakat serta mengikuti model terbaru. Dilihat dari segi harga pedagang pakaian di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru harga yang dipasarkan masih sangat terjangkau oleh masyarakat. Kemudian dilihat dari segi tempat pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru berada dilokasi yang sangat strategis sehingga sangat mendukung dari segi pemasarannya. Dan dilihat segi promosi pedagang pasar Cik Puan kota Pakanbaru melakukan promosi dengan cara dari mulut ke mulut dan tidak menggunakan media promosi online. Lalu dilihat dari segi orang, pedagang di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru dalam meningkatkan pemasarannya para pedagang memberikan pelayanan dengan ramah tamah, sopan dan tutur kata yang baik. Selanjutnya dilihat dari segi proses para pedagang di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru sebagian besar tetap memberikan ganti rugi terhadap kesalahan dalam proses jual beli. Dan yang terakhir dilihat dari segi tampilan fisik, dalam melakukan pemasaran setiap pedagang memberikan tampilan fisik yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dagangannya. Tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran pedagang pakaian jadi di pasar tradisional Cik Puan kota Pekanbaru sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah baik itu dari segi produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan tampilan fisik. Kata kunci : Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 03:36 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 03:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29133 |
Actions (login required)
View Item |