Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Teknik Konseling Realitas dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru

RINI SURIANI, - (2020) Efektivitas Teknik Konseling Realitas dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RINI SURIANI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rini Suriani, (2020) : Efektivitas Teknik Konseling Realitas dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Teknik Konseling Realitas dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain the one grup pre-test-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian adalah efektivitas teknik konseling realitas dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang memiliki masalah dalam tanggung jawab belajar sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 siswa yaitu satu kelas eksperimen yang merupakan penelitian sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliabititas dengan menggunakan SPSS 21.0 For Windows 2020. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji SPSS For Wilxoson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab belajar siswa kelas XI sebelum diberikan perlakuan dengan konseling kelompok dengan teknik konseling realitas kategori rendah dengan skor rata-rata 62.2 dan setelah diberikan perlakuaan dengan konseling kelompok dengan teknik konseling realitas mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 102.5. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test, artinya teknik konseling realitas efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas XI dilihat dari hasil analisis data bahwa probabilitas Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,005, Sehingga disimpulkan bahwa "hipotesis alternatif diterima", maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Teknik Konseling Realitas, Konseling Kelompok, Tanggung Jawab Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:46
Last Modified: 05 Aug 2020 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28984

Actions (login required)

View Item View Item