Raisa Berlian, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI TERPADU 002 KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAK Raisa Berlian, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tema cita-citaku melalui model pembelajaran meaningful instructional design di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model meaningful instructional design dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 52,08 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai rata-rata 70,83 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran meaningful instructional design dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema cita-citaku kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Meaningful Instructional Design, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 03:09 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 03:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28779 |
Actions (login required)
View Item |