SAYID ABDUL QADIER AL-ATAS (2013) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP SISTEM PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN KAMPUNG DAGANG KECAMATAN RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201336PMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Persepsi masyarakat terhadap sistem pelayanan pemerintah di Indonesia pada umumnya menilai kinerja pelayanan masih belum seperti yang diharapkan, hal ini dapat dilihat antara lain dari banyaknya pengaduan atau keluhan dari masyarakat pada Kementerian Manpan seperti menyangkut prosedur dan mekanisme kerja pelayanan yang berbelit-belit, tidak transparan, kurang informatif, kurang akomodatif, kurang konsisten, terbatasnya fasilitas, sarana dan prasarana melayani, sehingga tidak menjamin kepastian (waktu, dan biaya) serta masih banyak dijumpai praktek pungutan liar serta tindakan-tindakan yang berindikasi penyimpangan. Oleh karena itu perlu adanya kajian untuk menganalisia bagaimana persepsi masyarakat terhadap sistem pelayanan dan factor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Kampung Dagang RW 01 Kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat. Penelitian ini dilakukan dengan pengambilan lokasi di Kelurahan Kampung Dagang RW 01 Kecamatan Rengat. Subjek dari penelitian ini adalah masyarakat. Sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah persepsi masyarakat terhadap sistem pelayanan di kantor kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.084 orang/jiwa. Jumlah kepala keluarga masyarakat Kampung Dagang RW 01 yaitu 247 orang, penelitian ini hanya random sampling yang di ambil sekitar 25% dari 247 orang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 62 orang responden yang terdiri dari setiap kepala keluarga. Sedangkan teknis analisa data yang digunakan dengan metode Deskriptif Kuantitatif, yaitu dengan penyebaran angket 62 orang kepada kepala keluarga pengguna sistem pelayanan pada kantor kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Persepsi Masyarakat Terhadap Sistem Pelayanan Di Kantor Kelurahan Kampung Dagang Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, hal ini dapat dilihat dalam nilai dan hasil persentase rata-rata sebesar 84,43 % dari persentase berada pada posisi Baik yaitu : dilihat dari Adanya prosedur sistem pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayanan, Kemampuan petugas pelayanan., Kesopanan dan keramahan petugas, Kewajaran biaya pelayanan dan faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Kampung Dagang terhadap pelayanan adalah faktor kepastian jadwal pelayanan dan kenyamanan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 09:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 04:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |