Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI TRADISI WIRID SURAH AL-KAHFI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 407 SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT

MERI SITI NURJANAH, - (2020) IMPLEMENTASI TRADISI WIRID SURAH AL-KAHFI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA 407 SUMBERJAYA LAMPUNG BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI MERI SITI NURJANAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Implementasi Tradisi Wirid Surat al-Kahfi di Pondok Pesantren Miftahul Huda 407 Sumberjaya Lampung Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kegiatan keagamaan dalam bentuk tradisi yang berkembang di masyarakat, yaitu tradisi wirid surat al-Kahfi yang dilaksanakan setelah shalat subuh, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak awal tahun berdirinya pondok yaitu pada tahun 1986, tradisi ini bertujuan agar al-Qur‟an dapat hidup dan berkembang dimasyarakat. Penelitian ini mengkaji tentang nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam tradisi wirid surat al-Kahfi setelah shalat subuh dan bagaimana pelaksanaanya. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan kuesioner dalam pengumpulan data. Kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menjelaskan fakta yang ada di lapangan kemudian dianalisis agar dapat diambil kesimpulannya. Pada implementasi tradisi wirid surat al-Kahfi ini terdapat nilai-nilai spiritual yang terkandung di dalamnya, yaitu nilai keimanan dan nilai akhlak. Pembacaan wirid yang dilakukan setiap hari setelah shalat subuh dikhususkan pada 10 ayat pertama surat al-Kahfi dengan tujuan untuk menghindarkan diri dari fitnah dajjal dan sebagai bentuk pengamalan hadis nabi serta melatih para santri agar selalu dekat dengan al-Qur‟an, kemudia metode pelaksaannya dilakukan secara bersama-sama yang dipimpin oleh petugas imam shalat subuh, dalam hal ini pelaksanaan wirid surat al-Kahfi tidak ada halhal yang menyimpang, tidak ada penambahan kata dan ritual lainnya Kata Kunci : Implementasi, tradisi, wirid, al-Kahfi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:44
Last Modified: 28 Jul 2020 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item