Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

trategi Marketing Mix Pengusaha Tahu Sumedang Renyah Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam

RULLI.Z, - (2020) trategi Marketing Mix Pengusaha Tahu Sumedang Renyah Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
Skripsi Rulli. Z.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “ Strategi Marketing Mix Pengusaha Tahu Sumedang Renyah Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana penerapan strategi marketing mix didalam sebuah usaha, di dalam membuka usaha kita memerlukan ide atau pemikiran yang luas, Maka dari itu haruslah diketahui karakteristk pasar serta struktur pasar yang dihadapi. Marketix mix sendiri didasari pada unsur produk, harga, promosi, tempat. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan daya beli konsumen dengan menggunakan strategi marketing mix dan juga tinjauan Ekonomi Islam yang ada pada toko Tahu Sumedang Renyah di Sungai Pinang dan Rimbo Panjang. Penelitian ini bersifat lapangan, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, studi perpustakaan, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari tempat penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, dokumen, dan hal-hal yang terkait dengan penelitian ini. Metode analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu ketika data berhasil ditemukan maka penulis menjelaskan secara rinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara jelas dan dapat dipahami. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 7 orang yang terdiri dari 1 (satu) pimpinan usaha tahu Sumedang renyah dan 6 (enam) karyawan tahu Sumedang Renyah dan teknik pengambilan dalam penelitian ini adalah teknik total sampling. Hasil penelitian yang penulis peroleh di lapangan, bahwa toko tahu Sumedang Renyah yang ada di Sungai Pinang lebih baik dari toko yang ada di Rimbo Panjang. Baik dari segi produk yang lebih lengkap, tempatnya juga sangat strategis serta persediaan tempat untuk pengunjung juga leluasa, maka dari itu untuk meningkatkan penjualan tahu Sumedang Renyah yang ada di Rimbo Panjang perlu ditingkatkan lagi strategi marketing mix, agar pelanggan dan omset penjualan meningkat. Dari perspektif Ekonomi Islam strategi marketing mix yang diterapkan oleh toko tahu Sumedang Renyah adalah penerapan keadilan. Keadilan yang dimaksud yakni pembagian manfaat pada semua komponen yang terlibat dalam artian semua karyawan yang bekerja di beri keadilan berupa pendapatan gaji dan bonusnya, tidak ada penundaan dalam penggajian. Kata kunci : Marketing Mix, Tahu Sumedang, Daya Beli, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:14
Last Modified: 28 Jul 2020 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28670

Actions (login required)

View Item View Item