ZERA SEFTIAMI PUTRI, - (2020) Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
ZERA.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Zera Seftiami P (2020): Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Pembelajaran dengan melakukan kegiatan eksperimen di laboratorium bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun dalam pelaksanaannya masih tedapat beberapa kendala, seperti kurangnya alat-alat praktikum. Untuk mengatasi hal tersebut maka dapat digunakan media pembelajaran yang mampu melakukan praktikum secara virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi titrasi asam basa yang metode pembelajarannya menggunakan laboratorium virtual dengan pembelajaran konvensional; (2) efektivitas pembelajaran menggunakan laboratorium virtual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020 di kelas X Kimia SMK Negeri 2 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Non-Equivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dan uji N-gain untuk mengetahui tingkat efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi titrasi asam antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 81,91 dan kelas kontrol sebesar 75,22, perbedaan ini juga terlihat dari hasil perhitungan uji-t yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,002 yang mana lebih kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) Pembelajaran dengan menggunakan laboroatorium virtual efektif digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi titrasi asam basa pada kelas X kimia industri SMK Negeri 2 Pekanbaru. Hal ini terbukti dari perolehan nilai N-gain kelas eksperimen dari masing-masing siswa, yaitu terdapat sebanyak 28 orang siswa pada kategori N-gain tinggi dengan persentase 93,33% dan 2 orang siswa pada kategori N-gain sedang dengan persentase 6,67% yang masuk dalam kategori efektif. Kesimpulannya adalah pembelajaran dengan menggunakan laboratorium virtual efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk itu, peneliti selanjutnya dapat membangdingkan pembelajaran menggunakan laboratorium virtual dengan media pembelajaran lainnya. Kata Kunci: Efektivitas, Laboratorium Virtual, Berpikir Kritis, Titrasi Asam Basa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 03:38 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 03:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28630 |
Actions (login required)
View Item |