Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO DI KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Aspan Ritonga, - (2020) PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO DI KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali BAB Hasil Penelitian (BAB IV).pdf

Download (4MB)
[img] Text (Bab IV)
file Bab Hasil Penelitian (Bab IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Aspan Ritonga : Pengaruh Faktor Demografi terhadap Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Dampaknya terhadap Pendapatan Usaha Mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini berjudul analisis tingkat literasi keuangan syariah dan dampaknya terhadap pendapatan usaha mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan apakah terdapat pengaruh faktor demografi (gender, usia, pendidikan, lokasi usaha, jenis usaha, lama usaha, sumber modal usaha dan jumlah karyawan) terhadap tingkat literasi keuangan syariah dan dampaknya terhadap pendapatan usaha mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Variabel independent adalah demografi dan tingkat literasi keuangan syariah variabel intervening serta pendapatan usaha adalah variabel dependen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriftif dengan instrumen kuisioner skala likert yang disebarkan kepada pelaku usaha mikro muslim di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten kampar. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik model regresi linier berganda, mean dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah pelaku usaha mikro di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar pada kategori Sufficient Literate dengan rata-rata (mean) 2,2155 atau 58 persen dari total responden. Berdasarkan hasil uji Regresi linier berganda variabel demografi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat literasi keuangan syariah yaitu variabel usia, pendidikan, sumber modal usaha dan jumlah karyawan, sedangkan faktor gender, lokasi usaha, jenis usaha dan lama usaha tidak berpengaruh dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 78,5 persen. Adapun hasil uji Regresi sederhana dampak tingkat literasi keuangan syariah berpengaruh signifikan terhadap pendapatan usaha dengan (R2) sebesar 3,9 persen, maknanya 1 persen kenaikan tingkat literasi keuangan syariah akan berdampak tambahan pendapatan usaha sebesar 3,9 persen. Kata Kunci : Faktor Demografi, Tingkat Literasi Keuangan syariah, Pendapatan Usaha.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:21
Last Modified: 29 Jul 2020 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28516

Actions (login required)

View Item View Item