Basmalah, - (2020) PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENJUALAN BUKU PADA PT BESTARI BUANA MURNI CABANG PEKANBARU DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (681kB) |
Abstract
ABSTRAK Basmalah (2020) : Pengaruh Promosi terhadap Penjualan Buku pada PT Bestari Buana Murni Cabang Pekanbaru Ditinjau dari Ekonomi Islam Penelitian ini di latar belakangi oleh terjadinya penurunan penjualan di PT Bestari Buana Murni. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya promosi yang dilakukan oleh PT Bestari Buana Murni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap penjualan buku pada PT Bestari Buana Murni. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang pengaruh promosi terhadap penjualan buku pada PT Bestari Buana Murni. Penelitian ini dilakukan pada PT Bestari Buana Murni Cabang Pekanbaru yang berlokasi di Jl Adi Sucipto gang BRI No 338. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan keuangan PT Bestari Buana Murni dan juga buku pendukung lainnya. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT Bestari Buana Murni. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan selama 3tahun terakhir. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut: y = 2.670E8 - 3.012 x + e. x artinya bahwa variabel promosi berpengaruh positif terhadap variabel penjualan. Hasil penelitian ini juga dibuktikan dengan uji t hitung, diperoleh nilai t hitung sebesar 2.236 > t tabel 2.04227 dengan taraf signifikan 0,032 < 0,05. Hal ini berarti bahwa t hitung > t tabel, artinya H0 di tolak Ha di terima. Artinya promosi berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan. Dan hasil pengolahan uji f hitung diketahui bahwa nilai f hitung sebesar 4.998 lebih besar dari f tabel 2.53 dengan nilai signifikan sebesar 0.032 < 0.05 maka H0 di tolak Ha di terima. Ini berarti bahwa promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan. Sedangkan nilai korelasi dalam penelitian ini adalah 0,358 yang artinya hubungan promosi dan penjualan mempunyai pengaruh rendah. Adapun tinjauan ekonomi Islam terhadap promosi yang dilakukan perusahaan masih berada dalam kondisi yang dibolehkan. Ada beberapa kegiatan yang sesuai dengan teori ekonomi Islam seperti, jangan pernah mengobral sumpah, penuhi janji, rela dengan keuntungan yang sedikit. Namun menurut penulis promosi yang dilakukan oleh PT Bestari Buana Murni dalam hal kejujuran dan penipuan tidak sesuai dengan teori ekonomi Islam, karena masih terdapat marketing yang yang tidak jujur dan juga melakukan penipuan untuk mencapai target penjualan. Ketidakjujuran yang dilakukan oleh marketing akan merugikan konsumen Kata kunci: Promosi, Penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 06:39 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 06:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28459 |
Actions (login required)
View Item |