Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs

Julia Safitri, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)
[img] Text
JULIA SAFITRI.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Julia Safitri, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran IMPROVE terhadap Kemampuan Penalaran Matematis berdasarkan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan penalaran matematis dan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model IMPROVE terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, ada tidaknya pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dan ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 02 Pekanbaru, dengan sampel kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket self-efficacy dan tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran IMPROVE dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan hasil analisis ; 2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis berdasarkan self-efficacy siswa dengan hasil analisis ; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan hasil analisis 6. Kata Kunci: Model Pembelajaran IMPROVE, Kemampuan Penalaran Matematis, Self-Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:39
Last Modified: 27 Jul 2020 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28436

Actions (login required)

View Item View Item