Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMAN 14 Pekanbaru

Siti Olen Siregar, - (2020) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMAN 14 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
SITI OLEN SIREGAR.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Olen Siregar, (2020): Pengaruh Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMAN 14 Pekanbaru Kepala sekolah sangat berperan penting dalam kepemimpinannya disekolah. Salah satu keberhasilan yaitu kepala sekolah mampu berkomunikasi secara interpersonal dengan guru secara baik dan intensif guna dapat mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAn 14, penulis memfokuskan penelitian ini kepada kinerja guru yang mana guru berjumlah 55 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi teknik analisis linier sederhana. Variabel bebas (X) komunikasi interpersonal kepala sekolah dan variabel terikat (Y) kinerja guru. Subjek penelitian sebanyak 55 orang guru SMAn 14 Pekanbaru dengan menggunakan total sampling. Analisis data dibantu dengan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komunikasi interpersonal kepala sekolah berada pada kategori “Cukup Baik” dengan persentase 57%, (2) kinerja guru berada pada kategori “Baik” dengan persentase 77%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAn 14 Pekanbaru dengan R square sebesar 0.406 (40,6%), menunjukan bahwa dengan menggunakan model regresi yang didapatkan dimana variabel independen yaitu komunikasi interpersonal kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap variabel kinerja guru sebesar 40%. Sedangkan sisanya sebesar 59,4% didapat dari (100-40,6%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Jadi dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik komunikasi kepala sekolah khususnya komunikasi interpersonal maka semakin baik pula kinerja guru. Kepala sekolah diharapkan untuk dapat meningkatkan komunikasi interpersonalnya agar kinerja para guru semakin berkualitas. Kata Kunci: Komunikasi Interpersoanl Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2020 01:59
Last Modified: 23 Jul 2020 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28367

Actions (login required)

View Item View Item