Amirul Mukminin, - (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KERJA SAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (37MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Amirul Mukminin, (2019): Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kerja Sama Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran cooperative script terhadap kerja sama siswa pada mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri 1 kampar timur yang dilatar belakangi oleh belum maksimalnya kerjasama siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan design pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode Pembelajaran Cooperative Script terhadap kerja sama siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur yang berjumlah 140 orang yang terbagi dalam empat kelas. Sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yang berjumlah 70 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS1 dan kelas XI IPS2, dimana kelas XI IPS1 kelas ekperimen dengan metode cooperative script dan kelas XI IPS2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan postest sebagai data akhir dan analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan uji “t’’. Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung = 5.956 pada taraf signifikan 5% diperoleh t tabel = 2,01, menunjukkan bahwa t ≥ sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative script terhadap kerja sama siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur dengan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 40,3%. Kata kunci: Model pembelajaran, Cooperative Script, Kerjasama
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 05:41 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 05:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28361 |
Actions (login required)
View Item |