NICHE BARRIGUSTI, - (2020) PENGARUH PERCEIVED QUALITY DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT PADA PT. CAPELLA DINAMIK NUSANTARA BANGKINANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
Abstract
ABSTRAK Niche Barrigusti (2020): “Pengaruh Perceived Quality dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada PT.Capella Dinamik Nusantara Bangkinang Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam” Latar belakang dari penelitian ini adalah dalam era globalisasi seperti pada saat ini, produsen dihadapkan dengan persaingan untuk meraih dominasi pasar. PT.Capella Dinamik Nusantara Bangkinang adalah dealer resmi industri kendaraan roda dua Honda yang merupakan salah satu perusahaan yang menjadi agen utama penjualan sepeda motor Honda di Bangkinang. Dalam memasarkan produknya perusahaan telah melakukan berbagai kebijakan yang dipakai agar dapat merangsang konsumen membeli sehingga volume penjualan dapat meningkat, yaitu dengan mempertahankan eksistensi kualitas produknya agar mendapat persepsi yang bagus serta dapat terus bersaing di pasaran dengan harga yang terjangkau. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perceived quality dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada PT.Capella Dinamik Nusantara Bangkinang Ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampling dengan teknik slovin. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 97 responden yang diambil dari konsumen atau pembeli sepeda motor Honda Beat di PT. Capella Dinamik Nusantara Bangkinang. Penulis menganalisa data dengan metode kuantitatif dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25. Terdapat pengaruh yang signifikan Perceived Quality terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada PT. Capella Dinamik Nusantara Bangkinang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung> t tabel yaitu 1,996 > 1,989 dengan tingkat signifikan sebesar 0,04 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dan terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada PT. Capella Dinamik Nusantara Bangkinang. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 14,795 > 1,989 dengan tingkat signifikan sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh simultan Perceived Quality dan harga terhadap keputusan pembelian, dilihat dari hasil persamaan regresi Y= 9,110 + 0,118X1 +1,499X yang berarti apabila variabel Perceived Quality ditingkatkan 1 satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,118 dan berpengaruh positif (+) terhadap keputusan pembelian. Dan apabila variabel harga ditingkatkan 1 satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 1,449 dan berpengaruh positif (+). Dari hasil uji F dapat disimpulkan bahwa Perceived Quality dan harga secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F hitung> F tabel yaitu 268,399 > 3,09 dengan tingkat signifikan sebesar 0,00 masih berada dibawah 0,05. Hubungan Perceived Quality dan harga secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian adalah sangat kuat dengan Koefesien Determinasi (R2) menunjukkan nilai R Square sebesar adalah 0,851. Artinya adalah bahwa kontribusi yang diberikan oleh Perceived Quality dan harga secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 85,1% . Selebihnya sebesar 14,9% perubahan nilai variabel dependen keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Tinjauan ekonomi islam variabel keputusan pembelian sesuai dengan nilai-nilai islam, karena perceived quality dan harga yang telah ditetapkan sesuai dengan kebutuhan konsumen, serta pembelian konsumen bertujuan bukan untuk bermewah-mewahan atau pemborosan melainkan dijadikan sebagai pemenuhan kebutuhan Dharuriyyah. Kata kunci: Perceived Quality, Harga, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 02:29 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 02:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28223 |
Actions (login required)
View Item |