Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan

Nurfitra Hayati, - (2020) Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text
NURFITRA.pdf

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Nurfitra Hayati, (2020): Penerapan Metode Role Playing (Bermain Peran) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan melalui penerapan metode role playing (bermain peran). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah metode role playing (bermain peran) dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes keterampilan berbicara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 59,57% atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 76,08% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84,18% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema daerah tempat tinggalku di kelas IV MI Istiqomah Pekanbaru Kecamatan Tampan. Kata Kunci: Metode Role Playing (Bermain Peran), Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:35
Last Modified: 14 Jul 2020 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28188

Actions (login required)

View Item View Item