Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MAKNA KATA AL-LAGHWI PERSPEKTIF AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR MAUDHU’I)

Muhammad Febrian, - (2020) MAKNA KATA AL-LAGHWI PERSPEKTIF AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR MAUDHU’I). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Makna Kata Al-Laghwi Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Maudhu’i)”. Sebagaimana kata al-Laghwi tersebut terdapat sebelas ayat di dalam Al-Qur’an yang secara umum berisikan tentang perkataan dan perbuatan yang sia-sia atau perkataan dan perbuatan yang tidak bermanfaat. Yang harus dipahami di dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penafsiran tentang al-Laghwi tersebut menurut pandangan mufassir. 2) Bagaimana analisis realisasi serta solusi al-Qur’an agar terhindar dari al-Laghwi. Dengan adanya penelitian tentang ayat-ayat yang di dalamnya membahas al-Laghwi tersebut dengan penafsiran para mufassir, maka kita akan mengetahui bagaimana al-Laghwi itu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tematik (maudhu’i). Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dengan merujuk beberapa tulisan, baik tulisan dalam bentuk arsip, buku teori, pendapat, dalil, hukum, dan lain-lain yang memiliki keterkaitan dengan masalah penelitian ini. Penelitian ini juga disajikan dengan teknis analisis sesuai dengan judul penelitian penulis. Sebagaimana kata al-Laghwi tersebut terdapat sebelas kali pengulangan di dalam al-Qur’an. Di antara makna al-laghwu itu ialah al-bathil (suatu kebathilan), maka analisis realisasi penulis tentang al-laghwu tersebut berkaitan dengan problematika yang terjadi pada saat ini. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu bacaan ilmiah yang menambah wawasan kita bersama dalam membangun akhlak yang baik, dan terhindarnya kita dari akhlak yang buruk yaitu salah satunya adalah al-Laghwi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:51
Last Modified: 14 Jul 2020 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28171

Actions (login required)

View Item View Item