Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISTIK ANSHȂRULLAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA OLEH ORGANISASI FRONT PEMBELA ISLAM DI KOTA PEKANBARU

Ilhamsyah, - (2020) KARAKTERISTIK ANSHȂRULLAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA OLEH ORGANISASI FRONT PEMBELA ISLAM DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang karakteristik anshârullah dalam Al-Qur’an dan implementasinya oleh organisasi Front Pembela Islam (FPI) di Kota Pekanbaru. Di dalam Al-Qur’an ada diterangkan tentang kewajiban setiap individu muslim untuk membela dan menolong agama Allah. Para mufassir telah menerangkan bagaimana ciri-ciri dan karakteristik anshârullah tersebut. Adapun FPI adalah ormas yang didirikan untuk mengimplementasikan kewajiban membela agama Islam. Bagaimana karakteristik anshârullah menurut para mufassir dan bagaimana penerapannya oleh organisasi Front Pembela Islam di Kota Pekanbaru menjadi permasalahan di dalam kajian ini. Penelitian ini mengkombinasikan antara studi pustaka (library research) dengan penelitian lapangan (field research). Studi pustaka digunakan untuk meneliti tentang karakteristik anshârullah dalam Al-Qur’an dengan mengkaji berbagai kitab tafsir dan buku-buku yang berkaitan dengan anshârullah. Sementara penelitian lapangan digunakan untuk meneliti tentang proses pelaksanaan kegiatan organisasi FPI di Pekanbaru. Adapun temuannya dapat disimpulkan bahwa terdapat 8 ayat yang membahas tentang anshârullah, dari penjelasan para mufassir tentang ayat-ayat itu maka disusun karakteristik dan ciri-ciri anshârullah, yaitu mereka yang (1) selalu berusaha dekat kepada Allah, (2) berusaha menegakkan amar ma’rȗf nahi mungkar, (3) selalu tabah dan sabar terhadap gangguan dan cobaan, (4) selalu mempunyai motivasi yang kuat dalam berdakwah mengajak orang-orang kepada Allah, serta (5) mengorbankan harta dan jiwanya untuk Allah SWT. Selanjutnya, dalam praktik atau impelementasi karakteristik Ansharullah oleh organisasi Front Pembela Islam kota Pekanbaru ditemukan bahwa FPI (1) berusaha untuk mengajak anggota organisasinya dan masyarakat umum untuk lebih mendekati Allah dengan cara menuntut ilmu agama melalui kegiatan majelis ilmu dan tabligh akbar, (2) menjalankan program kemanusiaan dengan membantu masyarakat yang tertimpa bencana dan musibah, serta menginfakkan tenaga dan harta untuk membantu sesama muslim dalam rangka berdakwah di jalan Allah, (3) menjadikan tujuan organisasinya sebagai jalan beramar ma’rȗf nahi mungkar agar menjadi garda terdepan dalam menolong agama Allah. Dapat dikatakan bahwa organisasi FPI berusaha memenuhi karakteristik Ansharullah di atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 14 Jul 2020 01:47
Last Modified: 14 Jul 2020 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28170

Actions (login required)

View Item View Item