Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)BRI UNIT MARPOYAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)(Studi kasus di Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru)

Adam Rusdan, - (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR)BRI UNIT MARPOYAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)(Studi kasus di Kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (26MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Marpoyan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Rumusan Masalah dari penelitian adalah, a) Implementasi program KUR BRI unit Marpoyan dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM di kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, b) Kendala yang dihadapi program KUR BRI unit Marpoyan dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM di kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru, c) Hasil program KUR dan pandangan ekonomi Islam dalam upaya meningkatkan kesejahteraan UMKM di kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini berlokasi di kelurahan Maharatu Kecamatan Marpoyan Damai dan Bank BRI unit Marpoyan, Jl Kaharuddin Nasution NO. 24 A Pekanbaru (Riau) Pekanbaru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan informan key yang terdiri dari kepala unit, marketing pemasaran KUR, petugas administrasi KUR, supervisor, frontliner bank BRI unit Marpoyan, sedangkan untuk hasil program KUR menurut pandangan ekonomi Islam penulis menggunakan informan key dari pakar ekonomi Islam. Sedangkan untuk informan key UMKM, penulis mengambil dari nasabah KUR yang telah menerima program KUR dari bank BRI unit Marpoyan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari responden melalui wawancara, dan data sekunder data yang diperoleh dari tulisan atau buku-buku. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Marpoyan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) yang terdiri dari, a) implementasi program KUR, proses pengajuan KUR, implementasi calon nasabah KUR, telah dilakukan sesuai standart operasional prosedur (sop) yang ditetapkan oleh bank BRI, b) sedangkan untuk kendala yang dihadapi oleh program KUR ini masih adanya kredit macet oleh nasabah yang pembayaran pinjamannya rapel di bulan berikutnya dan, c) hasil dari program KUR ini sangat membantu pertumbuhan UMKM di kelurahan Maharatu yakni dengan meningkatnya jumlah UMKM, serta meningkatnya omzet pendapatan UMKM setelah pemberian pinjaman KUR oleh bank BRI, dan hasil dari program KUR ini menurut tinjauan ekonomi Islam dalam meningkatkan kesejahteraan telah sesuai dengan ekonomi Islam karena tujuan membantu taraf kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Kata Kunci: Kredit Usaha Rakyat (KUR), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 Jul 2020 01:34
Last Modified: 08 Jul 2020 01:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item View Item