Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDENTIFIKASI KODE PLAT NOMOR KENDARAAN NON BM (RIAU) MENGGUNAKAN METODE CANNY EDGE DETECTION DAN ALGORITMA TEMPLATE MATCHING BERBASIS GUIDE MATLAB DAN WEB

Junaedi, - (2020) IDENTIFIKASI KODE PLAT NOMOR KENDARAAN NON BM (RIAU) MENGGUNAKAN METODE CANNY EDGE DETECTION DAN ALGORITMA TEMPLATE MATCHING BERBASIS GUIDE MATLAB DAN WEB. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

IDENTIFIKASI KODE PLAT NOMOR KENDARAAN NON BM (RIAU) MENGGUNAKAN METODE CANNY EDGE DETECTION DAN ALGORITMA TEMPLATE MATCHING BERBASIS GUIDE MATLAB DAN WEB NAMA: JUNAEDI NIM: 11555100631 Tanggal Sidang: 16 April 2020 Prodi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Kemajuan teknologi berkaitan erat dengan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaannya, salah satunya adalah pada sistem identifikasi plat nomor kendaraan luar daerah Provinsi Riau. Kendaraan yang beroperasi lebih dari 3 bulan diluar Provinsi diwajibkan segera memutasi kendaraan tersebut. Untuk menerapkan regulasi tersebut, pihak BAPENDA Provinsi Riau kesulitan untuk mengumpulkan hasil dari data kendaraan Non Plat BM yang beroperasi di Provinsi Riau dikarenakan, sistem yang dilakukan dengan turun kejalan dan proses pencatatan yang memerlukan waktu yang lama sehingga rentan melakukan kesalahan dalam melakukan pendataan kendaraan. Dalam penelitian ini, sistem yang dirancang berupa aplikasi GUI yang terhubung dengan kamera android untuk membantu dalam pengambilan data video plat kendaraan, kemudian operator mengidentifikasi data ekstrak frame video dan mendapatkan hasil identifikasi di web browser. Metode yang digunakan adalah canny edge detection untuk menandai tepi plat dan algoritma template matching untuk mengenali pola karakter. Data Video yang diolah beresolusi 1280x720 pixel yang berhasil direkam aplikasi sistem menggunakan aplikasi ip camera android kemudian mengekstrak video untuk mendapatkan frame gambar. Penelitian ini dilakukan dengan 3 skenario pengambilan data dengan tinggi dan sudut kamera 1 meter. Hasil penelitian mendapatkan tingkat akurasi identifikasi frame video mencapai akurasi 0- 87,5%. Ini berarti bahwa aplikasi sistem identifikasi kode plat kendaraaan Non Plat BM layak digunakan dan dapat diterima dengan baik di BAPENDA Provinsi Riau. Kata kunci: sistem aplikasi, canny edge detection, algoritma template matching, BAPENDA Provinsi Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:10
Last Modified: 06 Jul 2020 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27927

Actions (login required)

View Item View Item