Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PROGRAM TIM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA ( PKK) TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 99 TAHUN 2017 TENTANG GERAKAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

M. NASRI, - (2020) PELAKSANAAN PROGRAM TIM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA ( PKK) TERHADAP KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP MASYARAKAT BERDASARKAN PERATURAN PRESIDEN NOMOR 99 TAHUN 2017 TENTANG GERAKAN PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA GANTING DAMAI KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
M. NASRI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah salah satu wadah organisasi perempuan di masyarakat desa dan kelurahan. Pemberdayaaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah sebuah organisasi kemasyarakatan desa yang mampu menggerakkan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan desa, juga berperan dalam kegiatan pertumbuhan desa. PKK sebagai gerakan yang tumbuh dari bawah dengan perempuan sebagai penggerak dalam membangun, membina, dan membentuk keluarga guna mewujudkan kesejahteraan keluarga sebagai unit kelompok terkecil dalam masyarakat. Organisasi PKK sudah melembaga baik ditingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Desa. Melihat Program dari Pemberdayaan dan Kesejahateraan Keluarga (PKK) yaitu Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Desa Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar salah satunya Program Kelestarian Lingkungan Hidup yaitu belum berjalannya maksimal Program Tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan program dari Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar serta bagaimana hambatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam menjalankan programnya. Secara teoritis manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat terhadap program kelestarian lingkungan hidup yang dijalankan oleh tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Ganting Damai Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian terhadap program kelestarian lingkungan hidup ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris atau sosiologi hukum, melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat atau sinkronisasi antara hukum dengan masyarakat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total samplimg. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan penarikan kesimpulan secara induktif. Didalam menjalankan program kelestarian lingkungan hidup tim pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pernah melakukan kegiatan diantaranya: (i) Penyuluhan; (ii) Gotong Royong; (iii) Menanam Tanaman Obat dan Pohon Buah; (iv) Membuat Tempat Sampah. Faktor penghambatnya adalah (i)kurangnya dukungan dari pemerihtahan desa, (ii) kurangnya anggota pemberdayaan dan kesejahraan keluara kususnya pokja IV dalam menjalnkan program kelestarian lingkungan hidup, (iii) kurangnya sara dan prasarana, (iv) tingkat kesadaran masyarakat Desa Ganting Damai kurang. Itulah yang membuat tim Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tidak bisa menjalakan peranannya dengan baik kepada Masyarakat dalam bentuk kegiatan yang telah disampaikan diatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:33
Last Modified: 20 Jan 2021 13:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27920

Actions (login required)

View Item View Item