Beni Pangestu, - (2020) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG PANAM ARENGKA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
Text
SKRIPSI GABUNG_3.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Beni Pangestu (2020): Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Pada BANK BNI Syariah Kantor Cabang Panam Arengka Pekanbaru PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankaan yang kegiatannya memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik jasa maupun produk perbankan lainnya.PT. BNI Syariah Cabang Pekanbaru dibentuk secara mandiri melalui tim proyek internal. Pola yang digunakan PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. Kantor Cabang Syariah untuk masuk kedalam pasar perbankan syariah adalah Dual System Banking. BNI syariah siap memasuki pasar, awal 2010, Unit Syariah BNI resmi melakukan pemisahan (Spin Off) dari induknya. Para pemegang saham dan dewan komisaris BNI telah menyetujui rencana BNI syariah itu menjadi bank umum murni syariah. Spin off dilakukan sebagai langkah strategi BNI dalam merespon perkembangan faktor-faktor eksternal, yaitu situasi ekonomi, kebutuhan pasar dan regulasi, serta faktor internal, antara lain corporate plan, kesiapan organisasi, dan Coustomer Base, melalui Spin Off ini, manajemen BNI Syariah akan lebih fokus dalam mengelola bisnis, independen, fleksibel serta responsif dalam memenuhi kebutuhan nasabah sehingga BNI Syariah dapat menjadi bank syariah pilihan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan Haji pada Bank BNI Syariah Kc Panam Pekanbaru metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BNI Syariah khususnya pada produk tabungan haji yaitu dengan memilih merumuskan pasar yang dituju yaitu mengunakan strategi segmenting, targeting dan positioning. Selain itu, dengan mengembangkan atau bauran pemasaran yang terdiri dari empat unsur yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik dan mempertahankan loyalitas para nasabah. Yang menjdi faktor pendukung perkembangan produk tabungan haji pada BNI Syariah yaitu: masyarakat Indonesia mayoritas Muslim, semua Muslim memiliki niat untuk naik haji, prosedur pembukaan tabungan haji tidak rumit, setoran awal ringan. Sedangkan faktor penghambat produk tabungan haji terkait dengan masalah Financial (biaya), mengingat masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Produk Tabungan Haji
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 02:19 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 02:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27873 |
Actions (login required)
View Item |