Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENGEMBANGKAN REGULASI EMOSI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU

khaidir, - (2020) KOTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENGEMBANGKAN REGULASI EMOSI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB I-V)
SKRIPSI LENGKAP..pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

ABSTRAK Khaidir, (2020): Kontribusi Layanan Bimbingan Kekompok Dengan Teknik Sosiodrama Dalam Mengembangkan Regulasi Emosi Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam mengembangkan regulasi emosi siswa di sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi siswa kelas XI yang berjumlah 278 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket , observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reabilitas menggunakan program SPSS 25.0 for windows. Data penelitian dianalisis dengan teknik Deskriptif data dan pengolahan data dengan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok berkontribusi dalam mengembangkan regulasi emosi siswa, hal ini dilihat dari hasil probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05. Adapun keadaan regulasi emosi siswa sebelum diberikan treatment (Pre-test) yang memiliki skor rata-rata 36.6 yang tergolong rendah sedangkan saat diberikan treatment (Pos-test) skor rata-rata hasil angket regulasi emosi siswa berjumlah 77.53 yang tergolong tinggi dan mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpul bahwa teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok dapat mengembangkan regulasi emosi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Kata kunci: Kontribusi, Teknik Sosiodrama, Regulasi Emosi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:06
Last Modified: 02 Jul 2020 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27856

Actions (login required)

View Item View Item