Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA CV. TANI SUKSES DI DESA PONTIAN MEKAR KECAMATAN LUBUK BATU JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

MASDIANA, - (2020) PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA CV. TANI SUKSES DI DESA PONTIAN MEKAR KECAMATAN LUBUK BATU JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penjualan CV. Tani Sukses yang terus meningkat sejak berdiri dari tahun 2011 dan telah memiliki 1 cabang usaha meskipun ditengah persaingan bisnis yang ketat. Adapun tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan promosi terhadap peningkatan penjualan pada CV. Tani Sukses. Mengetahui perspektif ekonomi syariah terhadap penjualan pada CV. Tani Sukses di Desa Pontian Mekar kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen CV. Tani Sukses di desa pontian mekar yang berjumlah 750 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10% dari populasi yakni sebanyak 75 responden dengan menggunakan teknik incidental sampling. Uji penelitian yang digunakan adalah uji instrumen berupa uji validitas dan uji realibilitas (simultan), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji f. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, maka penulis dapat menarik suatu kesimpulan beberapa hal sebagai berikut. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi persentase sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 62%. Sedangkan sisanya sebesar 38% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi yang didapat yaitu Y=8,260 + 0,762X1 + 0,272X2. Dari persamaan regresi tersebut produk memiliki pengaruh yang terbesar terhadap penjualan CV. Tani Sukses yaitu sebesar 0,762. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, harga berpengaruh positif karena dari hasil uji t diketahui nilai t hitung 6,149 > t tabe 1,993 dan Signifikansi 0,000 < 0,05. Promosi berpengaruh positif karena dari hasil uji t, diketahui nilai t hitung 2,623 > t tabel 1,993 dan Signifikansi 0,011 > 0,05. Sedangkan secara simultan harga dan promosi berpengaruh positif karena nilai F hitung > F tabel yaitu 58,763 > 3,124 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,005 terhadap penjualan CV. Tani Sukses. Penjualan CV. Tani Sukses telah sesuai dengan prinsip jual beli dalam perspektif ekonomi syariah. Hal ini ditunjukkan dengan praktek jual beli yang dilakukan tidak ada yang bertentangan dengan etika perdagangan secara Islami, seperti halnya pengambilan keuntungan yang tidak berlebihan, produk yang diperjualbelikan bukanlah barang yang dilarang dalam syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:53
Last Modified: 30 Jun 2020 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27698

Actions (login required)

View Item View Item