ARI PORWANTO (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 15 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.
|
Text
2013_2013286PMT.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan berapa besar pengaruh tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiry dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa?”, “Seberapa besarkah pengaruh penerapan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa?”, “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemandirian belajar matematika siswa?”, dan “Seberapa besarkah pengaruh penerapan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemandirian belajar siswa?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Pekanbaru yang berjumlah 84 orang, terdiri dari dua kelas yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlett. Sedangkan bagian dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi pertatap muka, tes, dan angket. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi Pembelajaranm inquiry dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes dan penyebaran angket. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Sedangkan besar pengaruh pada strategi pembelajaran inquiry dihitung dengan Kp . Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika siswa. Strategi pembelajaran inquiry memberikan pengaruh pada kemampuan pemecahan masalah sebesar 21.58% dan pada kemandirian belajar matematika sebesar 19.452%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 26 Feb 2016 07:49 |
Last Modified: | 26 Feb 2016 07:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2766 |
Actions (login required)
View Item |