AHMAD FAQIHUDDIN, - (2020) KOMPARASI PEMIKIRAN AL-ZARNUJI DAN IBNU JAMA’AH TENTANG INTERAKSI GURU DAN MURID DALAM PEMBELAJARAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
AHMAD FAQIHUDDIN OK.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
16. BAB IV s2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
Abstract
Dewasa ini persoalan yang sering terjadi dalam dunia pendidikan khusunya di Indonesia adalah hubungan atau interaksi guru dan murid yang kurang baik seperti maraknya kasus kekerasan. Al-Zarnuji melalui kitabnya Ta’līm al-Muta’allim dan Ibnu Jamaah melaui kitabnya Tazkirah al-Sāmi’ wa alMutakallim, kedua tokoh tersebut menawarkan pola hubungan guru dan murid yang mengacu pada learning by doing dan oriented ethic. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Al-Zarnuji dan Ibnu Jamaah tentang interaksi guru dan murid, serta membandingkan pemikiran kedua tokoh tersebut tentang interaksi guru dan murid. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan atau library research yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan interaksi guru dan murid secara umum serta pandangan kedua tokoh tersebut. Setelah memahami dan menganalisis pemikiran dari masing-masing tokoh tersebut. Menurut analisis penulis kedua tokoh tersebut memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan pandangan tentang interaksi guru dan murid, meskipun sekilas hampir tidak terdapat perbedaan yang menonjol, akan tetapi kedua tokoh tersebut memiliki perbedaan tentang interaksi guru dan murid. Terlihat pada point Ibnu Jamaah yang cendrung lebih banyak daripada point Al-Zarnuji. Keywoard: Interaksi, Al-Zarnuji, Ibnu Jamaah
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 03:07 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 03:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27480 |
Actions (login required)
View Item |