SITI FANDRIANI RHUHAMA, - (2020) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MEMILIH KURSUS BAHASA INGGRIS DI LB LIA PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
Skripsi Siti Fandriani Rhuhama.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
Abstract
ABSTRAK SITI FANDRIANI RHUHAMA,(2019): PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT KONSUMEN MEMILIH KURSUS BAHASA INGGRIS DI LB LIA PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidak sesuian antara teori dan praktek yang terjadi yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono apabila strategi pemasaran yang dirumuskan dengan promosi, harga, produk dan tempat memiliki atribut yang sesuai dengan keinginan konsumen maka minat konsumen atau keputusan konsumen untuk membeli akan terbentuk Tetapi yang terjadi jumlah siswa peserta kursus bahasa inggris di lemabaga LB LIA Pekanbaru ternyata cenderung mengalami penurunan setiap tahunnya. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel produk, harga, tempat dan promosi serta untuk mengetahui strategi pemasaran LB LIA Pekanbaru Menurut Ekonomi Syariah. Penelitian ini berlokasi di kantor LB LIA Pekanbaru yang beralamat di Jl. Ahmad yani NO 149 Pekanbaru Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 1561 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan metode slovin dan accidental sampling sebanyak 94 sampel.. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Selanjutnya peneliti menganalisa data menggunakan metode analisis data kuantitatif yaitu analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik,uji validitas, uji reliabilitas, uji koefesien determinan (R 2 ), uji Simultan (F), dan uji Parsial (T) . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk (X1) berpengaruh terhadap minat konsumen. hal ini diperoleh variabel produk memiliki nilai signifikan 0,002<0,05 sedangkan t-hitung 3,199> dari t-tabel 1,986. Harga memiliki pengaruh terhadap minat konsumen. diperoleh variabel harga memiliki nilai signifikan 0,001<0,05 sedangkan t-hitung 3,352> dari t-tabel 1,986. tempat memiliki pengaruh terhadap minat konsumen.diperoleh variabel tempat memiliki nilai signifikan 0,01<0,05 sedangkan t-hitung 2,425> dari t-tabel 1,986, promosi memiliki pengaruh terhadap minat konsumen, diperoleh variabel promosi memiliki nilai signifikan 0,000<0,05 sedangkan t-hitung 3,995>1,986 dan produk, harga, tempat dan promosi secara bersama berpengaruh terhadap minat konsumen. dalam Uji F yang menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000<0,05 yang artinya signifikan. sedangkan dilihat dari hasil pengolahan Fhitung 14,790>Ftabel 2,47. sedangkan pada perhitungan uji R 2 hasilnya sebesar 0,399 yang menunjukkan bahwa 39,9% minat konsumen memilih kursus bahasa inggris di LB LIA Pekanbaru dipengaruhi oleh strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh LB LIA Pekanbarun telah sesuai dengan ekonomi islam yaitu mengkedepankan kualitas produk dan jasa yang diberikan,harga yang sesuai dengan kualitas,memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau, dan promosi selalu menekankan pada etika bisnis islam yaitu kebenaran dan kejujuran. Kata Kunci: Strategi pemasaran, minat konsumen, ekonomi islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 02:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 02:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27450 |
Actions (login required)
View Item |