Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA SMAN 2 MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Bastiar (2012) KOMPARASI MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA SMAN 2 MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIEF RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_201339PMT.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa melalui Komparatif Motivasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan untuk mengetahui model manakah yang lebih baik antara model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPS SMAN 2 Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran STAD dan XI IPS3 sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran PBI yang berjumlah 64 orang dan objek penelitian ini adalah Motivasi Belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan dokomentasi, angket, dan observasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan test t. Analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 10,502 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,65. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti hipotesis yang menyatakan “tidak ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Student Teams Achievement Divisions pada materi pokok bahasan statistika terhadap motivasi belajar matematika siswa” Ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “ada perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Student Teams Achievement Divisions pada materi pokok bahasan statistika terhadap motivasi belajar matematika siswa”. Berdasarkan besar Mean masingmasing model pembelajaran yaitu PBI sebesar 31,156 dan STAD sebesar 40,156 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD lebih baik untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:48
Last Modified: 26 Feb 2016 04:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item