Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO AMANAH COSMETIK PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARI’AH

Muryati Sumartin, - (2020) PENGARUH PERSEPSI LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI TOKO AMANAH COSMETIK PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Muryati Sumartin (2020) : Pengaruh Persepsi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Amanah Cosmetik Pekanbaru Menurut Ekonomi Syari’ah Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya konsumen muslimah yang membeli produk kosmetik tanpa menjadikan aspek kehalalan sebagai salah satu pertimbangan dalam melakukan keputusan pembelian produk kosmetik, salah satunya yaitu konsumen muslimah di toko Amanah Cosmetik Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah persepsi label halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di toko Amanah Cosmetik Pekanbaru dan bagaimana tinjauan ekonomi syari’ah terhadap pencantuman label halal dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di toko Amanah Cosmetik Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di toko Amanah Cosmetik Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Manyar Sakti Panam, Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 280 orang kosumen dan 74 orang konsumen sebagai sampel yang diambil berdasarkan rumus slovin, teknik pengambilan sampelnya yaitu dengan menggunakan metode non probability sampling melalui cara accidental sampling. Penelitian dilakukam menggunakan metode kuantitatif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik. Analisis regresi linier sederhana, pengujian hipotesis melalui uji parsial (uji-t), uji koefisien determinasi (R2) dan korelasi (r). Data diolah dengan menggunakan software SPSS versi 16.0. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 12,516 + 0,549X berarti bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara variabel persepsi label halal (X) terhadap variabel keputusan pembelian konsumen (Y) yang dibuktikan melalui uji t dangan hasil thitung sebesar 3,607 > ttabel 1,993 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,153 atau sama dengan 15,3%. Yang berarti bahwa variabel persepsi label halal (X) dapat mempengaruhi variabel keputusan pembelian konsumen (Y) sebesar 15,3% sedangkan sisanya yaitu 84,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Nilai R sebesar 0,391 menunjukkan bahwa korelasi antara persepsi label halal dengan keputusan pembelian konsumen memiliki hubungan yang rendah. Tinjauan Ekonomi Syari’ah Terhadap Pencantuman Label Halal Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Amanah Cosmetik Pekanbaru terdapat beberapa prisnsip-prinsip dasar konsumsi seorang muslim diantaranya yaitu prinsip syari’ah yang terdiri dari prinsip akidah, prinsip ilmu, dan prinsip amaliah, kemudian prinsip kuantitas dan prinsip prioritas. Kata kunci: Persepsi Label Halal, Keputusan Pembelian Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:10
Last Modified: 18 Jun 2020 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27393

Actions (login required)

View Item View Item