Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS

Nurul Izatul Azizah, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NURUL IZATUL AZIZAH.pdf

Download (74MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Izatul Azizah, (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMP/MTS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self confidence siswa di SMP Negeri 13 Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini ialah kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kemampuan pemecahan masalah. Sehingga model pembelajaran problem based learning menjadi salah satu alternatif solusi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah factorial eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru, dengan sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebanyak 30 siswa dan kelas VIII.4 sebanyak 29 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematis, teknik angket berupa angket self confidence dan teknik observasi berupa lembar observasi guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis bila ditinjau dari self confidence tinggi, sedang dan rendah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi penerapan model pembelajaran problem based learning dengan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Factorial Eksperimen Design.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:53
Last Modified: 17 Jun 2020 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27327

Actions (login required)

View Item View Item