Nailissa'dah, - (2020) PELAYANAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL-MANAR DALAM PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
NAILISSA'DAH - SKRIPSI FULL V.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
NAILISSA'DAH - SKRIPSI BAB V UPLOAD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : NAILISSA’DAH Jurusan : Manajemen Dakwah Judul :Analisis pelayanan kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) Al-manar dalam penyelenggaraan bimbingan manasik haji. Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya jamaah haji yang mendaftarkan diri untuk bimbingan manasik haji dengan berbagai macam tingkatan jenjang pendidikan Dan banyaaknya jamaaah yang sudah berusia lanjut. Penelitian ini dilakukan di KBIH Al-manar kota pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pelayanan kelompok bimbingan ibadah haji KBIH Al-manar dalam penyelenggaraan bimbingan manasik haji. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji bagaimana pelayanan KBIH Al-manar dalam melaksanakan manasik haji.penelitian ini dilaksanakan pada bulan september-desember 2019. Sedangkan tempat penelitiannya ialah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Manar di jalan Duyung I No. 5, Kel. Tangkerang Barat, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil ketua, jamaah haji, dan sekretaris KBIH Al-manar berjumlah 5 (lima) orang. Objek penelitian ini adalah bagaimana pelayanan kelompok bimbingan ibadah haji KBIH Al-manar dalam penyelenggaraan bimbingan manasik haj. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis secara kualitatif. Strategi KBIH Al-manar dalam memberikan pelyanan bimbingan manasik haji terhadap calon jamaah haji di KBIH Al-manar Kota Pekanbaru berdasarkan ciri-ciri pelayanan: pertama, ketepetan waktu dalam memberikan pelayanan kepada jamaah yang melaksanakan bimbingan mansik haji . Kedua, akurasi pelayanan kesesuaian pelaksanaan pelayanan dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Ketiga kesopanan dan keramahan memberikan pelayanan dengan secara sikap sopan santun dan mudah tersenyum dan selalu ramah kepada jamaah dalam melakasanakan bimbingan manasik haji. Keempat kemudahan memeberikan pelayanan dengan mudah dengan cara tidak memberikan pelayanan secara berbelit-belit kepada jamaah. Kelima kenyamanan memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan jamaah, dan memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah. Keenam atribut pendukung memberikan pelayanan dengan melengkapi fasilitas yang diperlukan untuk mendukung kegitan bimbingan manasik haji seperti (infocus, microfon, dan lain sebagainya). Kata Kunci : pelayanan, kelompok bimbingan ibadah haji, bimbingan manasik haji.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 02:06 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 02:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27317 |
Actions (login required)
View Item |