Merri Amzani (2016) PERTANGGUNGJAWABAN PROVIDER INDOSAT TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA KARTU PRABAYAR DI KOTA PEKANBARU MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (251kB) | Preview |
Abstract
Pengguna kartu prabayar Indosat di Kota Pekanbaru ada beberapa kasus yang terjadi atas ketidaknyamanan dan ketidakpuasan konsumen terhadap jasa penyedia layanan telekomunikasi. Sebagai contoh kasus pengguna kuota 2 GB yang digunakan unlimited, setelah digunakan tiba-tiba saja kuota tersebut habis. Setelah dilakukan complain pada operator dilakukan pengecekan ternyata kuota yang terpakai baru 500 MB, selanjutnya pihak operator meminta untuk menunggu untuk penyesuaian agar sisa kuota tersebut dimasukkan kembali. Namun setiap kali ditanya konsumen diminta untuk menunggu, tentu hal ini sangat merugikan konsumen pengguna kartu prabayar. Dari kenyataan ini perlu dilihat pertanggungjawaban dan upaya yang dilakukan oleh provider Indosat untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk pertanggungjawaban provider Indosat Pekanbaru terhadap konsumen pengguna kartu prabayar menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh provider Indosat dalam mengatasi ketidaknyamanan dan ketidakpuasan konsumen pengguna jasa layanan kartu prabayar. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian hukum sosiologis dimana penulis turun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data yang akan dijadikan bahan dalam penulisan karya ilmiah ini. Data tersebut diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak yang ada kaitannya dalam penelitian. Sedangkan dilihat dari sifatnya, penulisan ini bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas dan rinci mengenai pertanggungjawaban provider Indosat terhadap konsumen pengguna kartu prabayar. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa bentuk pertanggungjawaban provider Indosat Pekanbaru terhadap pengguna kartu prabayar indosat, antara lain adalah menerima complain dari pelanggan atau konsumen, dan memberikan penggantian terhadap kartu prabayar yang tidak bisa digunakan karena secara tiba-tiba pulsanya habis. Di samping itu provider indosat juga berusaha untuk memperbaiki sistem jaringan, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan atau konsumen. Upaya yang dilakukan oleh provider Indosat Pekanbaru dalam mengatasi kenyamanan pelanggan atau konsumen pengguna kartu prabayar, adalah dengan melakukan perbaikan terhadap sistem pelayanan kepada konsumen, memberikan penggantian pulsa kepada pengguna kartu prabayar internet, serta menempatkan orang-orang yang memang bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, termasuk mengganti operator yang tidak memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan atau konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Feb 2016 07:45 |
Last Modified: | 25 Feb 2016 07:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2728 |
Actions (login required)
View Item |