Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP CALON JAMAAH HAJI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMROH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Arifuddin, - (2020) UPAYA MEWUJUDKAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP CALON JAMAAH HAJI SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMROH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
16. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (2MB)

Abstract

¬¬ABSTRAK Nama : Arifuddin Jurusan : Manajemen Dakwah Judul :Upaya Mewujudkan Pelayanan Prima Terhadap Calon Jamaah Haji Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti Pelayanan dalam ibadah haji sangat penting untuk diperhatikan karena ibadah haji perlu membutuhkan banyak tenaga dan harus difikirkan dengan matang agar aktivitas tersebut berjalan secara efektif, oleh karena itu pelayanan prima dipandang sebagai salah satu cara untuk mempermudah aktivitas penyelenggaraan ibadah haji. Namun dalam kenyataannya beberapa penyelenggara ibadah haji dan umroh yang belum begitu memperhatikan pentingnya pelayanan prima. Penelitian yang dilakukan peneliti, bertujuan untuk mengetahui upaya pelayanan prima di Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kabupaten Kepulauan Meranti. Penelitian ini dilakukan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Upaya Mewujudkan Pelayanan Prima Terhadap Calon Jamaah Haji di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Meranti. Informan penelitian ini berjumlah lima orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa pelayanan prima yang diterapkan di Penyelenggara Haji dan Umroh Kabupaten Kepulauan Meranti berdasarkan pengukuran indikator yang dilakukan peneliti antara lain : Pertama, kehandalan (Reliability), hasil dari pelayanan ini dilihat saat petugas melayani calon jamaah sesuai prosedur pelayanan yaitu 15 menit dikarenakan jumlah volume dari pekerjaan ini tidak terlalu banyak. Kedua, Daya Tanggap (Responsivity), menyampaikan jasa berdasarkan apa yang benar terjadi, sehingga menjamin validitas informasi yang didapat jamaah haji dan pelayanan yang terbaik dengan cepat dan tanggap tanpa membiarkan calon jamaah haji menunggu lama. Ketiga, jaminan (Assurance) mengaplikasikan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) dengan penerapan pelayanan satu atap (one stop service), jamaah haji juga sudah dijamin hak dan kewajiban dalam UU No.13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji. Keempat, Kemampuan Memahami Pelanggan (Emphaty), mendampingi langsung calon jamaah haji yang mengalami kesulitan. Kelima, Bukti Fisik (Tangibles), mengelola bukti fisik, melakukan perbaikan terhadap ketersediaan sarana prasarana, penataan ruangan yan nyaman dan bersih. Kata Kunci : Mewujudkan, Pelayanan Prima, Calon Jamaah Haji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Jun 2020 01:59
Last Modified: 17 Jun 2020 02:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27117

Actions (login required)

View Item View Item