Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IDDAH WANITA HAMIL MENURUT IBNU QUDAMAH DALAM KITAB AL-MUGHNI

Agusman Saputra, - (2020) IDDAH WANITA HAMIL MENURUT IBNU QUDAMAH DALAM KITAB AL-MUGHNI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

ABSTRAK Agusman Saputra, NIM. 21890215358, judul Tesis “ ‘IDDAH WANITA HAMIL MENURUT IBNU QUDAMAH DALAM KITAB AL-MUGHNI ” Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau. Dalam Penulisan Tesis ini yang menjadi permasalahan adalah „Iddah Wanita Hamil Menurut Ibnu Qudamah Dalam Kitab al-Mughni. yang menjadi rumusan masalahnya adalah, bagaimana metode istinbath hukum Ibnu Qudamah tentang „iddah wanita hamil, dan bagaimana tinjauan maqashid al-Syari‟ah tentang „iddah wanita hamil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode istinbath hukum Ibnu Qudamah tentang „iddah wanita hamil, dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan maqashid al-Syari‟ah tentang „iddah wanita hamil. Adapun kegunaan dari penelitian ini selain dari syarat memperoleh gelar Magister Hukum Islam juga sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang sesuai dengan program studi Penulis tekuni dan sebagai tambahan refrensi pustaka UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU serta sebagai sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian literatur atau penelitian pustaka (library reseach). Artinya penelitian ini didasarkan pada yang tertulis berasal dari kitab, buku jurnal dan sumber-sumber data tertulis lainnya yang berguna dan mendukung penelitian ini. Penelusuran data ini dilakukan terhadap kitab-kitab klasik dan modern serta buku-buku yang berhubungan dengan konsep „iddah. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab karya Ibnu Qudamah dalam kitabnya al-Mughni. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analisis isi (content analysis) agar diperoleh pemahaman yang akurat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode istinbath hukum yang digunakan oleh Ibnu Qudamah dalam menetapkan masa „iddah khusus bagi wanita hamil karena di tinggal mati oleh suami adalah takhsis ayat dengan ayat yaitu surat al-Baqarah ayat 234 di takhsis oleh surat at-Thalak ayat 4, bahwa masa „iddahnya adalah sampai melahirkan kandungan, kemudian juga berlaku bagi wanita hamil disebabkan cerai talak dan zina, karena „iddah menurut Ibnu Qudamah bertujuan untuk mengetahui ke-steril-an kandungan seorang perempuan dan dengan melahirkan sudah menjadi bukti yang paling jelas bahwa kandungannya telah bersih dari janin. Tinjauan maqashid al-Syari‟ah tentang masa „iddah wanita hamil adalah tergolong kepada maslahah dharuriyyah wajib dijalankan sampai melahirkan demi kehati-hatian (ihtiyat) untuk menjaga keturunan (hifdzu nasl) yang sah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 May 2020 11:05
Last Modified: 18 May 2020 11:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26676

Actions (login required)

View Item View Item