Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBACAAN ZIKIR RÂTIB AL-ḤADDÂD DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU (Studi Living Qur’an Terhadap Kegiatan Keputrian)

IRA RISWANA, - (2020) PENGARUH PEMBACAAN ZIKIR RÂTIB AL-ḤADDÂD DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH PEKANBARU (Studi Living Qur’an Terhadap Kegiatan Keputrian). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ira.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pembacaan Zikir Râtib al-Ḥaddâd di Pondok Pesantren al-Munawwarah Pekanbaru (Studi Living Qur’an Terhadap Kegiatan Keputrian)”. al-Munawwarah mempunyai banyak cara dalam membentuk karakter bagi para santri maupun santriwati, mulai dengan disiplin sampai pengamalan zikir Râtib al-Ḥaddâd . Pembentukan karakter merupakan bagian yang sangat urgen sebagai seorang santri maupun santriwati sehingga semua sarana yang menuju kearah tersebut dilakukan. Di antara sarana tersebut adalah pembacaan Râtib al-Ḥaddâd secara berjamaah setiap hari kecuali malam Selasa dan malam Jum’at setelah shalat maghrib yang dipimpin oleh salah seorang guru. Penelitian ini terfokus pada praktek zikir Râtib al-Ḥaddâd di lingkungan santriwati dalam membentuk karakter dengan zikir yang terdiri dari surat/ ayat al-Quran dan kalimat thayyibah sehingga dapat memberi pengaruh dalam kepribadian sang santriwati. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh praktek pembacaan secara khusus surat/ ayat al-Quran yang mempunyai fadhilah tersendiri dalam pandangan mufassir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisa Deskriptif Kualitatif yang mengungkapkan praktek lapangan dengan dampaknya yang dikontekstualisasi dalam living Quran. Kajian living Quran ini berformulasi dalam ayat atau surah di Râtib al-Ḥaddâd yang memiliki keutamaan tersendiri seperti obat untuk segala penyakit, pelindung dari berbagai mara gangguan dan bahaya. Tela`ah terhadap pengaruh pembacaan zikir Râtib al-Ḥaddâd bagi kehidupan santriwati meliputi dua kategori, yaitu pengaruhnya dalam kehidupan pribadi seperti menambah semangat dalam belajar, kedisiplinan, menjadi pribadi yang ikhlas. Sedangkan pengaruh dalam kehidupan sosial seperti menumbuhkan rasa simpati dan empati terhadap sesama teman, menguatkan ukhuwah (solidaritas), perduli dengan kebersihan lingkungan. Kata kunci: Pembacaan, Zikir, Râtib al-Ḥaddâd , Living Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 08 May 2020 07:42
Last Modified: 08 May 2020 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26472

Actions (login required)

View Item View Item