NENI (2013) PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-IHSAN BOARDING SCHOOL KUBANG. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_2013119PAI.pdf Download (635kB) | Preview |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfatan lingkungan alam sebagai media pembelajaran Pendidikan Islam di SMP al-Ihsan Boarding School Kubang.(2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi lingkungan alam sebagai media pembelajaran pendidikan Islam di SMP al-Ihsan Boarding School Kubang. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) untuk mengetahui Bagaimana pemanfatan lingkungan alam sebagai media pembelajaran Pendidikan Islam di SMP al-Ihsan Boarding School Kubang dan (2) untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi lingkungan alam sebagai media pembelajaran pendidikan Islam di SMP al-Ihsan Boarding School Kubang Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yakni guru agama yang ada di SMP al-Ihsan Boarding School Kubang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Pemanfatan lingkungan alam sebagai media pembelajaran Pendidikan Islam di SMP al-Ihsan Boarding School Kubang, adalah (Baik), yakni terdapat pada rentang 61-80%., (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan Lingkungan alam seperti Perpustakaan, Perkebunan, Out bond dan Laboratorium sebagai media, di SMP Islam al-Ihsan Boarding School Kubang. a. Faktor Intern a) Faktor jasmani, yaitu kesehatan dan cacat tubuh yang di alami oleh guru tersebut sehingga tidak dapat melaksanakan atau menggunakan lingkungan alam sebagai media pembelajaran. b) Faktor Psikologis, yaitu inteligensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, dan lain-lain. b. Faktor Ekstern a) Faktor pendidikan dan pelatihan, yakni kompetensi Pedagogik, keperibadian, sosial dan profesional. b) Faktor sekolah yaitu metode mengajar, kurikulum, reaksi guru dengan siswa, reaksi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, alat-alat pembelajaran, waktu sekolah, standar pelajaran, keadaan gedung dan tugas guru.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2601 |
Actions (login required)
View Item |