RIFA ROHIMAH, - (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Bagan Cempedak Kecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
|
Text
RIFA ROHIMAH.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Rifa Rohimah, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Bagan Cempedak Kecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe sains lingkungan teknologi masyarakat pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Bagan Cempedak Kecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa diantaranya adanya nilai siswa yang tidak mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, kurangnya pemahaman siswa terkait materi pelajaran, hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam mengerjakan soal soal latihan saat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 31 orang siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe sains lingkungan teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa diperoleh dengan persentase ketuntasan klasikal 38,70% atau hanya 12 siswa yang tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 65,48. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe sains lingkungan teknologi masyarakat pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 64,51% atau 20 siswa yang tuntas dan mendapat rata-rata kelas menjadi 73,22. Pada siklus II diperoleh dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,09% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa dengan rata-rata kelas 83,7, artinya sudah mencapai KKM yang ditetapkan dan mencapai ketuntasan klasikal siswa. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe sains lingkungan teknologi masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Sains Lingkungan Teknologi Masyarakat, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 07:11 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 07:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25924 |
Actions (login required)
View Item |