Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN PERILAKU ASERTIF REMAJA KETURUNAN MINANG DI SMA NEGERI 11 PEKANBARU

Rahmatia Budi Setyaningrum, - (2020) HUBUNGAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN PERILAKU ASERTIF REMAJA KETURUNAN MINANG DI SMA NEGERI 11 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
full.pdf

Download (30MB)
[img] Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

RAHMATIA BUDI SETYANINGRUM (2019): HUBUNGAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN PERILAKU ASERTIF REMAJA KETURUNAN MINANG DI SMA NEGERI 11 PEKANBARU Perilaku asertif adalah perilaku yang menunjukkan kemampuan mengungkapkan perasaan dan pikiran secara jujur dan nyaman, dan kemampuan untuk menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Perilaku asertif penting untuk dimiliki setiap remaja untuk menghindari mereka dari pengaruh negatif pergaulan bebas. Remaja yang asertif dapat dibentuk melalui pola asuh yang tepat, yakni pola asuh authoritative, dimana orang tua memberikan kebebasan bagi remaja untuk mengungkapkan apa yang ia inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner terhadap 87 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson melalui program SPSS versi 21.0 for windows, diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,587 dengan sig. (2-tailed) = 0,000; p<0,05, artinya hipotesis diterima yaitu ada hubungan antara pola asuh authoritative dengan perilaku asertif remaja keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Temuan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua yang authoritative berperan penting dalam membentuk perilaku asertif pada remaja. Kata Kunci: pola asuh authoritative, perilaku asertif, remaja keturunan Minang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Bagian Psikologi Perkembangan Pendidikan
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 05 Feb 2020 02:02
Last Modified: 05 Feb 2020 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25740

Actions (login required)

View Item View Item