Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS POLA BELANJA KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DAN APRIORI PADA HAURA SWALAYAN

SULAIMAN, - (2020) ANALISIS POLA BELANJA KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DAN APRIORI PADA HAURA SWALAYAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB V.pdf

Download (24MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS POLA BELANJA KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS DAN APRIORI PADA HAURA SWALAYAN SULAIMANNIM: 11453101667 Tanggal Sidang: 02 Januari 2020 Periode Wisuda: Program Studi Sistem InformasiFakultas Sains dan TeknologiUniversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Haura Swalayan merupakan sebuah minimarket yang menjual bahan pokok makanan, dan perlengkapan sehari-hari seperti beras, minuman, sabun, roti, tisu, minyak goreng dan perlengkapan lainnya. Masalah yang dihadapi pada haura swalayan adalah dalam tata letak dan memanajemen stok barang, hal ini dikarenakan pemesanan barang kesuplier hanya ketika persediaan barang sudah habis. Permasalahan kedua adalah Dari laporan penjualan yang diperoleh dari nota penjualan bulan November 2018 sampai November 2019 terdapat 1.000-1.500 transaksi tiap bulan dengan pendapatan rata-rata Rp 70.000.000 tiap bulannya, setiap hari dan bulannya data ini akan bertambah dan hanya akan menjadi tumpukan data apabila tidak diolah dan digali informasi mengenai transaksi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka digunakan algoritma k-means dan apriori dalam mencari barang yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen melalui data transaksi penjualan. Setalah dilakukan perhitungan menggunakan algoritma k-means dan apriori, dari 14.599 data transaksi yang diproses didapatkan hasil padacluster 0 mendapatkan nilai support 18,13%, confidence 89% minuman dan makanan ringan yang sering dibeli bersamaan. Kemudian pada cluster 1 dengan nilai support 19,55% dan confidence 88% rokok dan minuman sering dibeli bersaman sesuai dengan kebutuhan konsumen.Kata Kunci: Apriori, K-Means, tata letak, transaksi penjualan barang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:05
Last Modified: 30 Jan 2020 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25654

Actions (login required)

View Item View Item