Siti Hartinah, - (2019) Meningkatkan Perilaku Empati Anak Melalui Story Telling dengan Menggunakan Boneka Tangan di SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GAUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
Abstract
Manusia pada hakikatnya antara satu dengan yang lain diciptakan berbeda. Perbedaan-perbedaan tersebut meliputi perbedaan pemikiran, persepsi, dan visi. Modal anak untuk mengatasi perbedaan adalah social life skill. Salah satu bagian penting dalam social life skill adalah empati (Goleman, 2007). Empati adalah kemampuan seseorang untuk mengenal dan memahami emosi, pikiran serta sikap orang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan perilaku empati pada anak yaitu dengan story telling dengan menggunakan boneka tangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifitasan penggunaan media storry telling melalui boneka tangan pada anak Sekolah Dasar An-Namiroh Pusat Pekanbaru. Jenis penelitian merupakan one group pretest-posttest design. Data penelitian ini di kumpulkan melalui skala empati oleh Davis (1980) yang telah di modifikasi oleh peneliti. Dari hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test pada kelompok eksperimen di peroleh nilai signifikansinya sebesar 0,002 (p ˂0,05). Artinya terdapat perbedaan antara nilai pretest dengan nilai posttest pada kelompok eksperimen sebelum daan sesudah pemberian perlakuan. Story telling dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan perilaku empatinya seperti menolong,meminta maaf, dan memberi maaf. Kata kunci: perilaku empati, story telling, boneka tangan, siswa SD
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 07:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25641 |
Actions (login required)
View Item |