UMAR DULIS (2013) PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGELOLAAN KEUANGAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI RENGAT KEBUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201385PAI.pdf Download (481kB) | Preview |
Abstract
Menurut Mulyasa kepemimpinan adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang yang diarahkan untuk pencapaian tujuan bersama atau organisasi. Kepemimpinan dalam organisasi pendidikan memiliki fungsi manajemen yang dikenal dengan POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Perencanaan keuangan sekolah sedikitnya mencakup dua kegiatan, yakni penyusunan anggaran, dan pengembangan rencana anggaran sekolah. Kinerja adalah performance atau unjuk kerja. Kinerja dapat diartikan prestasi kerja atau pelaksanaan kerja atau hasil unjuk kerja. Menurut August W. Smith, kinerja adalah performance is output derives from proceses, human or otherwise, yaitu kinerja adalah hasil dari suatu proses yang dilakukan manusia. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang efektivitas kepemimpinan kepala sekolah Pengelolaan keuangan, kinerja guru, Pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, Pengaruh Pengelolaan keuangan terhadap kinerja guru, Pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan pengelolaan keuangan terhadap peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dianalisis dapat diketahui bahwa Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Peningkatan Kinerja guru adalah dari persamaan garis degresi menbuktikan bahwa -0,22X1 0, 33X2, yang berarti bahwa faktor pengaruh efektivitas kepemimpinan lebih kecil dari pada pengaruh pengelola keuangan. Jadi, Pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dan pengelolaan keuangan terhadap peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Rengat Kabupaten Indragiri Hulu sesuai dengan analisis data angket adalah bahwa pengaruh efektivitas kepala sekolah lebih kecil dari pada pengaruh pengelolaan keuangan. Hasil wawancara yang dilakukan membuktikan bahwa Setiap Hasil wawancara yang dilaksanakan secara tringulasi terlihat bahwa proses Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri Rengat Kabupaten Indragiri Hulu terlaksana dengan optimal, dan tidak ada seorang guru pun yang berbeda arah dan alasan yang dikemukakan oleh kepala sekolah, bahkan terdapat penambahan terhadap penjelasan kepala sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Peningkatan Kinerja guru adalah sebagai berikut: Kepala sekolah memiliki visi yang kuat, memahami akan keuangan sekolah yang minim, Pengawasan keuangan lebih ketat, memiliki keterampilan professional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:46 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 05:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2561 |
Actions (login required)
View Item |