AHMAD KHAIRULLI (2013) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RINTISAN SEKOLAH BERSTANDAR INTERNASIONAL (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Pangkalan Kerinci). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201381PAI.pdf Download (518kB) | Preview |
Abstract
Evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi, yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Untuk menghasilkan evaluasi yang baik, maka seoarang guru harus mampu mengembangkan tes evaluasi yang dilakukan. Dengan dilakukannya pengemabangan tes evaluasi diharapkan dapat mengukur yang seharusnya di ukur terhadap kemampuan anak. Batasan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (Studi Kasus di SMKN 1 Pangkalan Kerinci). (2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (Studi Kasus di SMKN 1 Pangkalan Kerinci) Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode penomenologis.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir (flow model of analysis) yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri atas beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data yang telah diseleksi, dan membuat laporan penelitian. Adapun hasil penlitian ini adalah: (1) Pengembangan Evaluasi di SMKN 1 Pangkalan Kerinci yang sudah berstandar RSBI (Rintisan Sekolah Berstandart Internasional) dalam Proses Pengembangan Evaluasi yang dilaksanakan di SMKN 1 Pangkalan Kerinci, yaitu (a) Perencanaan : 1) Menentukan tujuan evaluasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut; 2) mengidentifikasi kompetensi dasar dan indikator kompetensi sesuai dengan materi yang diajarkan; 3) membuat tabel spesifikasi (kisi-kisi) adanya rumusan defenisi konsep, defenisi operasional, indikator-indikator, kunci jawaban, pedoman penskoran, pengolahan dan penafsiran.(2). Pengembangan Bentuk dan Isi Soal Untuk RSBI, hendaknya mampu dikembangkan kedalam bentuk soal yang memunculkan ide-ide baru dalam menjawab tantangan perkembangan zaman dimasa yang akan datang bukan hanya bicara lokal atau nasional, tapi sudah Internasional.(3).Faktor penghambat pengembangan evaluasi yang dilaksanakan di SMKN 1 Pangkalan Kerinci adalah ketersediaan waktu yang tidak memadai untuk melaksanakan pengembangan evaluasi serta pencapaian target kurikulum yang saat ini penilaiannya sudah dilakukan pada setiap Kompetensi Dasar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:45 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 06:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2560 |
Actions (login required)
View Item |