Iffatul Watsiqah, 11518201128 (2020) PENERAPAN METODE KUMON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MIFTAHUL IMAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
Abstract
ABSTRAK Iffatul Watsiqah, (2019): Penerapan Metode Kumon untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Miftahul Iman Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Miftahul Iman Pekanbaru melalui penerapan metode kumon. Kemampuan belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Miftahul Iman Pekanbaru belum seperti yang diharapkan, Karena kemampuan mengenal fakta, memahami konsep, dan menjalankan prosedur siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas IV berjumlah 18 orang yang terdiri dari 8 siswa putra dan 10 siswa putri. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran kumon dan kemampuan belajar matematika. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Tes dilakukan diakhir pembelajaran. Setelah diperoleh data kemampuan belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan, kemudian penelitian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Diperoleh hasil kemampuan belajar matematika Sebelum tindakan, 3 0rang siswa atau 16,66% siswa yang mencapai kategori minimal cukup, 1 orang siswa atau 0,05% mencapai kategori kurang, lalu 14 siswa atau 77,77% siswa berada pada kategori gagal. Pada tindakan siklus I meningkat menjadi 6 siswa atau 33,33% mencapai kategori minimal cukup, dan 6 siswa atau 33,33% berada pada kategori kurang, Sedangkan 6 siswa lainnya atau 33,33% masih berada pada kategori gagal. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, 5 siswa atau 27,77% mencapai kategori sangat baik, lalu 6 orang siswa atau 33,33% mencapai kategori baik, selanjutnya 5 siswa atau 27,77% berada pada kategori cukup, dan 2 siswa atau 11,11% berada pada kategori kurang. Maka kemampuan belajar matematika sudah mencapai indikator yang diharapkan yaitu 75% siswa minimal berada pada kategori minimal cukup. Berdasarkan dari hasil yang didapatkan maka terdapat peningkatan antara kemampuan belajar matematika siswa sebelum diterapkan metode kumon dengan sesudah diterapkan metode kumon . Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kumon dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Miftahul Iman Pekanbaru. Kata Kunci: Penerapan, Metode Kumon, Kemampuan Belajar Matematik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 04:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 04:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25497 |
Actions (login required)
View Item |