Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

Nur Samsi, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Samsi , (2019): Penerapan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku bidang ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model pembelajaran berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 66,50 dengan ketuntasan klasikal 45% atau tergolong kurang. Setelah menerapkan model pembelajaran berkirim salam dan soal pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 71,00 dengan ketuntasan klasikal 60% atau tergolong cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 80,00 dengan ketuntasan klasikal 85% atau tergolong sempurna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 022 Ranah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata kunci: Model pembelajaran Berkirim Salam dan Soal , hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:34
Last Modified: 23 Jan 2020 07:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25407

Actions (login required)

View Item View Item