GITA ARIYANTI, - (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK HOMEWORK ASSIGNMENT DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
Text
GABUNG.pdf Download (20MB) |
Abstract
ABSTRAK Gita Ariyanti, (2019): Efektivitas Teknik Homework Assignment dalam Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik homework assignment dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar. Masalah yang terjadi dengan siswa SMAN 1 Kampar Timur ialah kepercayaan diri rendah dalam belajar, siswa lebih cenderung malu bertanya saat belajar, mencontek dengan teman, tidak aktif saat proses belajar berlangsung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pre-eksperimen dengan jenis The One Group pretest-posttest design. Objek penelitian ini ialah efektivitas teknik homework assignment dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kepercayaan diri yang rendah yang berjumlah 10 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini valid dengan angka koefisien korelasi 0,273 dan reliabel berada pada angka 0,669. Adapun analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Wilcoxon’s Signed Ranks Test. Hasil penelitian ini menunjukkan teknik homework assignment dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam belajar berada dikategori rendah dengan rata-rata skor 48,3 dan setelah diberikan teknik homework assignment kepercayaan diri siswa dalam belajar mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 82,9. Hasil uji terhadap hipotesis kerja (Ha) menunjukkan angka signifikan sebesar 0.05 angka 0.005 < 0.05 sehingga Ha diterima dengan sumbangan X sebesar 22.3% ke Y. Kata Kunci: Teknik Homework Assignment, Layanan Konseling Kelompok dan Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 02:20 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 02:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25399 |
Actions (login required)
View Item |