Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA PELUANG HEMAT ENERGI LISTRIK MELALUI PEMILIHAN ALTERNATIF PENGHEMATAN DENGAN METODE IKE DAN AHP DI RUANG RAWAT INAP (STUDI KASUS : RSUD TENGKU RAFIAN KABUPATEN SIAK)

FAJAR PUSPO WARDOYO, - (2019) ANALISA PELUANG HEMAT ENERGI LISTRIK MELALUI PEMILIHAN ALTERNATIF PENGHEMATAN DENGAN METODE IKE DAN AHP DI RUANG RAWAT INAP (STUDI KASUS : RSUD TENGKU RAFIAN KABUPATEN SIAK). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
17. BAB IV terbaru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
bab lengkap kecuali bab IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

ANALISA PELUANG HEMAT ENERGI LISTRIK MELALUI PEMILIHAN ALTERNATIF PENGHEMATAN DENGAN METODE IKE DAN AHP DI RUANG RAWAT INAP (STUDI KASUS : RSUD TENGKU RAFIAN KABUPATEN SIAK) FAJAR PUSPO WARDOYO 11452101848 Tanggal Sidang : 19 Desember 2019 Periode Wisuda : November 2020 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian Kabupaten Siak merupakan salah satu instansi pelayanan kesehatan terbesar di kabupaten siak. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian memiliki jumlah fasilitas yang cukup besar sehingga berpotensi terjadinya pemborosan energi listrik. Penggunaan energi pada gedung rumah sakit terbesar salah satunya yaitu sistem pendingin (AC) dan pencahayaan. Strategi menentukan cara mengurangi penggunaan energi agar menjadi lebih efisien yaitu menggunakan metode perhitungan Intensitas Konsumsi Energi (IKE) dan Analitycal Hierarchy Process (AHP). Perhitungan IKE pada gedung ruang rawat inap yang merupakan fokus tempat penelitian ini dilakukan, termasuk kedalam kategori boros dengan nilai IKE sebesar 386,22 kWh/m 2 /Tahun. Selanjutnya, untuk menentukan pemilihan alternatif penghematan energi di gedung rawat inap dipilih dan digunakan dengan metode AHP sehingga hasil dari perhitungan AHP diperoleh tiga alternatif penghematan energi yaitu dengan budaya pemakaian listrik dengan bertanggung jawab dengan nilai bobot 0,376, pemahaman pengunaan teknologi yang sesuai dengan nilai bobot 0,313 dan penggunaan teknologi hemat energi dengan bobot 0,299. Kata Kunci: audit energi, Analitycal Hierarchy Process (AHP), efisiensi energi, Intensitas Konsumsi Energi (IKE).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:05
Last Modified: 20 Jan 2020 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25298

Actions (login required)

View Item View Item