Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

YUHARLI (2013) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL FALAH AIRMOLEK KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201309PAI.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Dubrin yang dikutip oleh Engkoswara & Aan Komariah mengemukakan bahwa kepemimpinan merupakan kemampuan untuk menanamkan suatu keyakinan dan memperoleh dukungan dari organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Agar tujuan organisasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan, kepala sekolah sebagai pimpinan dalam suatu lembaga pendidikan harus memiliki prinsip-prinsip dalam menjalankan manajerial yang telah direncanakan dengan mengadakan program supervisi, pembinaan-pembinaan, memotivasi, mendorong bawahan, agar lebih kreatif dalam melaksanakan kompetensi professional yang dia miliki. Secara formal, untuk menjadi profesional guru disyaratkan memenuhi kualifikasi minimum dan bersertifikat pendidik. Guru yang memenuhi kriteria profesional inilah yang akan mampu menjalankan fungsi utamanya secara efektif dan efisien untuk mewujudkan proses pendidikan dan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yakni berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah tentang kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Airmolek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Airmolek. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dianalisis adalah bahwa kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Airmolek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu, telah terlaksana dengan kategori Optimal. Hal ini dapat diketahui bahwa hasil observasi secara keseluruhan alternatif “TERLAKSANA” adalah 76,67 % sedangkan “TIDAK TERLAKSANA” adalah 23,33%. Selisih antara analisis data alternatif “TERLAKSANA” dan “TIDAK TERLAKSANA” adalah 53,34%. Dan Hasil wawancara yang dilaksanakan terlihat bahwa proses kepemimpinan Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Airmolek Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu terlaksana dengan optimal, dan tidak ada seorang gurupun yang berbeda arah dan alasan yang dikemukakan oleh kepala sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan kepala sekolah adalah Kepala sekolah memiliki kepribadian yang percaya diri, berani, bersemangat, murah hati, dan memiliki kepekaan sosial, Kepala Sekolah memahami tujuan pendidikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:40
Last Modified: 09 Sep 2016 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item View Item