Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Sikap Suami Terhadap Istri Yang Nusyuz Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak)

Sabri Fazil, - (2020) Sikap Suami Terhadap Istri Yang Nusyuz Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)

Abstract

ABSTRAK Sabri Fazil, (2019): Sikap Suami Terhadap Istri Yang Nusyuz Ditinjau Menurut Hukum Islam (Studi Kasus Di Desa Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak) Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketidak harmonisan dalam rumah tangga karena istri yang membangkang dan tidak patuh pada suami yang disebut dalam agama istilahnya Nusyuz istri di desa Mangkapan kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Hal itu dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya kurangnya pendidikan agama, karena himpitan ekonomi dan perasaan istri yang merasa lebih diatas suami, sehingga suasana rumah tangga tidak selaras dengan yang semestinya. Pada dasarnya dalam ajaran Islam seorang istri harus patuh dan taat kepada suami, karena suami adalah pemimpin dalam rumah tangga selama masih berada pada ajaran Islam. Suami mempunyai arti penting dalam rumah tangga, istri berkewajiban menjaga marwah keluarganya dan suami istri hendaknya menjaga kesimbangan antara hak dan kewajibannya. Meskipun semua itu telah diatur dalam Al qur’an, tapi masih banyak kesenjangan yang terjadi. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti skripsi ini. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: bagaimana sikap suami terhadap istri yang nusyuz dan bagaimana tinjauan Hukum Islam terhadap permasalahan tersebut. Adapun metode yang digunakan adalah metode field research (penelitian lapangan) yang berlokasi di desa Mangkapan kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak, maka pengambilan sampel penulis menggunakan metode total sampling dengan menetapkan sampel sebanyak 10 orang istri yang telah melakukan nusyuz kepada suaminya. Data penelitian ini dikumpulkan dianalisa dengan pendekatan data kualititatif. Metode ini berawal dari pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan pustaka, kemudian menghubungkan dari satu fakta dengan fakta yang lainnya, kemudian dari data tersebut diklasifikasikan kedalam kategori- kategori berdasarkan persamaan-persamaan dari jenis data tersebut dan diuraikan sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Selanjutnya dievaluasi dengan pendapat para tokoh hukum Islam yang ada. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan, bahwa lebih dari sebagian sampel istri yang melakukan nusyuz terhadap suaminya dan hal tersebut bertentangan dengan ajaran agama Islam. Nusyuz istri terhadap suami menimbulkan keretakan hubungan dalam rumah tangga. Sikap suami terhadap nusyuz yang dilakukan istri adalah menasehati dan sampai pada tindakan meninggalkan ditempat tidur hingga berujung pada perceraian. Nusyuz adalah tindakan maksiat terhadap suami dan keluar dari ketaatan-Nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:30
Last Modified: 17 Jan 2020 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25163

Actions (login required)

View Item View Item