ATIKA AYU AULIA, - (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU CYBERBULLYING DI SMAN 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (file lengkap)
fix LENGKAP.pdf - Published Version Download (6MB) |
|
Text (bab iv)
WM.BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
Abstract
Cyberbullying adalah segala bentuk kekerasan yang dialami anak atau remaja dan dilakukan teman seusia mereka melalui dunia cyber atau internet (tidak dengan kontak fisik). Perilaku cyberbullying terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku cyberbullying di SMAN 12 Pekanbaru. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di SMAN 12 Pekanbaru. Sampel untuk penelitian ini adalah 305 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus slovin. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh korelasi antara kecerdasan emosional dengan perilaku cyberbullying diketahui bahwa koefisien (r) sebesar -0,87 dengan taraf signifikansi 0,165 yang berarti hipotesis ditolak karena taraf korelasi signifikan sebesar 16,5 % (p>0,05). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu adanya hubungan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying ditolak. Artinya, tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying. Melalui kategorisasi, ditemukan ada perilaku cyberbullying pada siswa di SMAN 12 Pekanbaru, walaupun dalam tingkat rendah yakni sebanyak 75,2%. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Perilaku Cyberbullying
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 07:05 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 07:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25080 |
Actions (login required)
View Item |